IQRA' FOREVER

>> Kamis, 12 Maret 2009

Bacalah dengan ( menyebut)nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Qs. Al’Alaq 1-5

Iqra’, Bacalah. Kata yang simple tapi sarat makna. Ingat sobat, ayat pertama kali yang turun kepada Nabi Muhammad saw adalah “ iqra’ “. Dan kita sebagai seorang muslim dituntut untuk belajar dan belajar. Rosulullah saw pernah bersabda: “tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat.” Artinya, ga pandang besar ato kecil, tua ato muda, semua kudu belajar sampe akhir hayat.
Dalam hal ini penulis buku EQS, pak Ari Ginanjar mengatakan: sesungguhnya perintah “ iqrq’ “ yang ada dalam al Qur’an itu gak hanya membaca dalam arti teks (buku, majalah, internet,dll), tetapi juga kontekstual. Missal, belajar di masyarakat dengan menjadi pengurus Rohis, belajar tentang manusia dengan berdakwah-mengajak orang kepada kebenaran Islam.
Dan surat yang turun pertama kali ini juga merupakan rahmat Allah bagi hamba2’Nya. Di dalamnya terdapat (pula) tanbih (pemberitahuan urgensi) atas permulaan penciptaan manusia dari ‘alaqah (segumpal darah), n kemulyaan dari Allah kepada manusia yang gak tau menjadi tau dengan ilmu, “Bacalah! Demi Pemeliharamu Yang Maha Mulya, Yang mengajari dengan pena. Mengajari manusia segala sesuatu yang tidak diketahui.”
Ringkasnya, bahwa sebenernya seluruh pengetahuan itu ada dalam al Qur’ann, dan tuntunan praktisnya ada dalam sunah Nabi Muhammad saw.
Tak cuman itu aja sobat, ternyata orang2 yang berilmu itu banyak fadhilahnya (keutamaannya). Dah pada tau semua kan?? Ampe banyak ungkapan dan sanjungan tentang ilmu dan orang2 yang berilmu. Allah pun akan mengangkat derajat orang2 yang berilmu. Dalam surah al Mujadalah: 11 disebutkan;”…Allah akan mengangkat derajat orang2 yang berimann dan orang2 yang berilmu…”. Tak ketinggalan juga bahwa Rosulullah pernah bersabda: “Barangsiapa yang menempuh jalan yang di dalamnya ia mencari ilmu, maka Allah akan memudahkannya jalan ke surga.”
Keren abish dech. Subhanallah. Makanya sobat, kita gak bakal rugi dunia wal akhirat dengan belajar sepanjang hayat kita.
So, jika saat ni sobat yang masih duduk di bangku sekolah or kampus, jangan sia-siain kesempatan ini. Galilah ilmu guru-gurumu or dosen2mu. Tapi ente-ente yang dah gak sekolah, madrasahmu adalah setiap jalan yang kau tempuh.

By: Ummul Jihad
Santriwati ma’had al islam

0 comments:

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP