HIKMAH DI BALIK SEDEKAH

>> Jumat, 21 Januari 2011

Sobat muslim rasanya tak asing ditelinga kita semua tentang sedekah. Karena banyak sekali ayat – ayat Allah dan hadits yang menerangkan manfaat dari sedekah. Allah berfirman : “ orang – orang yang menafkahkan hartanya dimalam dan disiang hari secara sebunyi dan terang – terangan maka mereka mendapat pahala disisi RobbNya, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka da tidak pula mereka bersedih hati.” ( QS. Al-Baqoroh : 274 )
Mari kita renungkan ayat diatas untuk kita jadikan pedoman dalam bersedekah. Meski masih banyak diluar sana orang – orang yang mengeluarkan sedekah, bukan tak mampu tapi hartanya takut berkurang. Padahal tidaklah demikian karena justru dengan bersedekah harta kita akan bertambah.
Trus, bagaimana denagn orang yang tak punya harta ??? perlu kita ketahui bahwa sedekahkan tidak harus dengan harta. Sedekah bisa denagn tenaga, beramal sholeh, berkata baik, berjumpa dengan orang lain dengan wajah yang berseri itupun juga termasuk sedekah. Subhanallah ternyata begitu banyak jalan untuk bersedekah selain dengan harta. Akankah kita lewatkan jalan tadi untuk meraih pahala ?? tapi seandainya kita mampu bersedekah dengan harta pasti akan lebih senang lagi karena kita bisa membantu beban saudara kita.
Barang siapa memberi kelonggaran kepada orang yang mengalami kesulitan , Allah akan memberi kemudahan kepadanya didunia dan diakhirat. ( HR. Ibnu Majah) .
Diriwayatkan dari Hakim Bin Hisam. Ra dari Nabi SAW bersabda : tangan di atas lebih baik daripada di bawah. Mulailah sedekah itu dari yang menjadi tanggunganmu dan sebaik-baik sedekah adalah keluar dari orang kaya, barang siapa berlaku iffah ( menjaga diri dari meminta – minta ) maka Allah akan mencukupkan kebutuhanya.” ( HR. Bukhori )
Sungguh sedekah mempunyai pengaruh baik dan kesudahan yang bagus bagi individu maupun masyarakat. Karena dengan brsedekah kita bisa semakin bersyukur kepada Allah. “ Sunguh sedekah memiliki manfaat dan pengaruh ajaib untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajr ( pendosa ), zalim atau bahkan orang kafir, karena Allah akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantara shodakoh tersebut.” ( Ibnu qoyyim al – jauziyah)
Sobat muslim semua, ternyata begitu besar hikmah yang tersembunyi dari sedekah yang kita keluarkan. Namun dalam bersedekah jangan lupa kita harus niatkan untuk mendapat ridho Allah. Karena amal tergantung niatnya. Demikian hikamah yang bisa kita ambil dari sedekah, semoga bisa berkelanjutan, membuka hati kita untuk tidak ragu – ragu mengeluarkan sedekah. Ya Allah jadikanlah kami hamba – hambaMu yang menjadi ahli sedekah… Amin ya Robbal’alamin.

Oleh: Ukhti Tini

0 comments:

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP